Selasa, 12 April 2016

Peranan Tanah


Tanah merupakan tempat hidup bagi berbagai makhluk hidup, termasuk tempat hidup bagi tumbuhan. Tumbuhan misalnya pohon apel hidupnya tidak berpindah-pindah. Dia tetap stay di tempat tersebut. Bagaimana kalo pohon apel dapat berpindah-pindah tempat??? Duh pasti banyak orang yang takut. Oleh karena itu, tanah harus dapat menyediakan segala keperluan hidup bagi pohon apel tersebut sehingga dapat terus tumbuh dan menghasilkan buah sehingga dapat kita nikmati. Begitu besar kan peranan tanah bagi kehidupan kita.
Selain mengandung nutrisi yang penting bagi tumbuhan,  tanah menyimpan berbagai macam logam, batu bara dan minyak bumi yang dibutuhkan oleh manusia untuk menunjang kehidupan sehari-hari.  Emas, perak, timah, dan benda logam lain tersebar luas di dalam tanah, tetapi hanya beberapa wilayah di Indonesia yang tanahnya mengandung logam-logam tersebut. Batu bara dan minyak bumi juga tersimpan di tanah, sehingga perlu dilakukan penambangan dan pengeboran untuk mendapatkannya. 
            Betapa pentingnya tanah bagi semua kehidupan. Maka dari itu kita sebagai manusia harus menjaga tanah agar tidak tercemar karena kita sendiri yang akan menerima timbal baliknya.

0 komentar: